LP2M Selenggarakan Seminar dan Review Proposal Penelitian Tahun 2018

Rabu, 21 Maret 2018 | 09:30:30 WIB   290

Bertempat di Hotel Shang Ratu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN STS Jambi mengadakan kegiatan seminar dan review proposal penelitian Tahun 2018. Kegiatan selama dua hari, Jumat hingga Sabtu (9-10/3), tersebut berguna untuk memastikan penelitian yang akan dilakukan oleh para dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin pada 2018 bisa mendapatkan hasil (output) dan luaran (outcome) yang berkualitas.

Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah, Drs. Kholid Musyaddad, M.Ag., ketika menyampaikan sambutan panitia mengatakan bahwa terdapat 117 penelitian yang akan dibiayai oleh DIPA UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 2018. Penelitian-penelitian tersebut terbagi ke dalam enam kluster, yaitu penelitian pembinaan/peningkatan kapasitas pemula, penelitian dasar/pengembangan kapasitas program studi, penelitian dasar interdisipliner, penelitian dasar integrasi keilmuan, penelitian terapan dan pengembangan perguruan tinggi, serta penelitian terapan dan pengembangan nasional.

Menurut Kholid, sejak akhir 2017, para dosen sudah mendaftarkan proposal mereka melalui aplikasi Litapdimas atau portal pangkalan data penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian masyarakat milik Kementerian Agama. “Aplikasi tersebut untuk menjamin bahwa semua proses penelitian, mulai dari pengajuan proposal hingga pelaporan dan publikasi hasil penelitian, terdata dan bisa dipertanggungjawabkan,” kata Kholid.

Salah satu tahapan dari penelitian tersebut adalah proposal yang sudah didaftarkan di-review oleh para ahli sesuai bidang masing-masing. “Secara keseluruhan kita memiliki enam reviewer nasional yang berasal dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan UIN ar-Raniry Banda Aceh. Selain itu, ada juga beberapa reviewer lokal dari institusi kita sendiri.”

Dalam kegiatan seminar tersebut, tiga reviewer nasional dihadirkan. Mereka adalah Prof. Dr. Zulkifli, M.A. (bidang ilmu politik, dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Prof. Dr. H. Sulasman, M.Hum. (bidang ilmu adab dan humaniora, dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung), dan Dr. Khamami Zada, M.A. (bidang ilmu syariah dan hukum). Selain mereka, reviewer lokal juga turut memaparkan hasil review mereka dan memberikan masukan perbaikan bagi proposal-proposal yang telah didaftarkan.

“Setelah seminar dan review proposal, tahapan selanjutnya adalah penandatanganan kontrak penelitian dan kemudian penelitian bisa dimulai,” tambah Kholid.

Kegiatan seminar dan review proposal penelitian dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Hj. Fadlilah, M.Pd. Di dalam sambutan, Fadlilah mengingatkan bahwa di samping mendapatkan hasil (output) berupa laporan, semua penelitian yang dilakukan juga harus memiliki luaran (outcome) berupa artikel yang dimuat dalam jurnal-jurnal ilmiah.

“Tahun ini, kita menargetkan seluruh hasil penelitian diterbitkan dalam jurnal ilmiah, baik yang terindeks MoraRef, DOAJ, Thomson Reuters, maupun Scopus. Setidaknya, 25 artikel dimuat dalam jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan jurnal internasional bereputasi,” kata Fadlilah.

Penelitian yang baik, demikian Fadlilah, didahului oleh proposal yang berkualitas. Seminar dan review proposal, karena itu, menjadi tahapan yang sangat penting untuk memastikan proposal yang diajukan berkualitas yang, pada gilirannya, akan menghasilkan penelitian dengan luaran artikel-artikel yang berkualitas. “Hanya artikel dari penelitian yang baik sajalah yang bisa dimuat dalam jurnal yang diakui baik oleh publik akademik tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional.”

Fadlilah juga menjelaskan, untuk membantu para dosen masuk ke dalam percaturan akademik yang lebih luas dan mendapatkan pengakuan di tingkat internasional, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah menjalin kerja sama dengan beberapa institusi di dalam dan luar negeri. “Baru-baru ini, misalnya, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menandatangani kerja sama dengan Irkutsk National Research University, Rusia. Kerja sama itu utamanya dalam bidang pendidikan dan penelitian,” tutup Fadlilah.[mha]

Share on:

Pengumuman

Kamis, 11 Juli 2018 | 23:52:47 WIB

PENGUMUMAN DAFTAR POSKO KKN TH.2018..


Senin, 25 Juni 2018 | 19:21:17 WIB

PENGUMUMAN PERPANJANGAN WAKTU..


Jumat, 01 Maret 2018 | 20:27:20 WIB

PENGUMUMAN PENDAFTARAN DOSEN PEMBIMBING..


Rabu, 07 Februari 2018 | 23:25:51 WIB

Workshop Peningkatan Mutu Penelitian..


Senin, 05 Februari 2018 | 16:07:47 WIB

Pendataan Artikel Jurnal Karya Dosen..


Kamis, 28 September 2017 | 22:51:46 WIB

PENGUMUMAN DIKLAT KUKERTA KEMITRAAN..


Download

Artikel Terbaru