Pendampingan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menggelar Workshop Pendampingan Akreditasi Jurnal Ilmiah sebagai upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penerbitan serta tata kelola jurnal ilmiah di lingkungan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Kegiatan tersebut berlangsung pada 20 April dan 2 Juni 2021.

Ketua LPPM, Dr. Ayub Mursalin, di sela-sela kegiatan, Rabu (2/6) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari aktivitas tahunan dalam rangka memberikan pendampingan kepada pengelola jurnal ilmiah di lingkungan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

“Alhamdulillah, pada tahun ini kita bisa mengadakan Workshop Pendampingan Akreditasi Jurnal Ilmiah. Kegiatan ini sebagai upaya percepatan akreditasi jurnal-jurnal yang ada di lingkungan UIN,” ujarnya.

Ayub menambahkan, untuk mendukung visi dan misi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menuju universitas peringkat dunia, perlu peningkatan produktivitas karya ilmiah yang bertaraf nasional bahkan internasional.

“Saat ini salah satu poin penting dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi yang lebih fungsional, lebih produktif, lebih inovatif, dan lebih publikatif adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikannya dalam jurnal-jurnal ilmiah,” ujarnya.

Ditambahkan, tuntutan publikasi tersebut memberikan dampak akademis yang signifikan bagi tanaga pendidik, dosen dan guru besar, dalam rangka penelitian dan publikasi hasil penelitian dan hasil pemikiran yang dapat dimunculkan dalam buku-buku.

Dia mengungkapkan, jurnal-jurnal di lingkungan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dapat diakses secara daring di alamat: http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/. Saat ini setidaknya terdapat 25 jurnal, yang dikelola secara terpisah-pisah di setiap fakultas dan program studi. Saat ini, beberapa jurnal tersebut telah terakreditasi Sinta serta enam jurnal sedang proses dalam tahapan pengajuan akreditasi.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *