LPPM UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melaksanakan Workshop Participatory Action Research (PAR) bagi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) 2021 sebelum diterjunkan ke lapangan. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting pada hari rabu dan kamis, 16 – 17 Juni 2021.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. As’ad, M. Pd. Selain itu juga turut hadir Ketua, Sekretaris LPPM, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat dan Dosen Pendamping Lapangan.

Wakil Rektor II dalam sambutannya berharap agar pelaksanaan KUKERTA ditengah pandemi Covid-19 kali ini dapat terlaksana dengan baik dan tetap menjaga protokol kesehatan. Selain itu, dosen yang sudah ditunjuk sebagai DPL dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, tidak hanya bertugas sebagai dosen pengantar dan penjemput mahasiswa KUKERTA saja, namun juga mendampingi dan mengawal agar program kerja mahasiswa KUKERTA dapat terlaksana. Hal ini sebagai wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

Pada kegiatan tersebut, LPPM menghadirkan narasumber; Muhammad Khoirul Muqtafa (Peneliti LIPI), Anas Saidi (Peneliti P2KK-LIPI), dan Marzuki Wahid (Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Ketua LPPM dalam laporannya menjelaskan bahwa KUKERTA akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama berjumlah 1375 peserta dengan ragam titik lokasi di Provinsi Jambi. Mahasiswa melakukan KUKERTA kampung masing-masing. Didampingi 70 dosen pendamping lapangan (DPL) dengan model bimbingan via daring. KUKERTA ini bertujuan meningkat kemampuan mahasiswa dalam melakukan pemberdayaan dan layanan pengabdian kepada masyarakat menyesuaikan dengan kondisi Covid-19, serta new normal saat ini. Mahasiswa diharapakan untuk menjaga kesehatan, serta selalu berpedoman kepada protokol kesehatan Covid-19 saat ber-KUKERTA.

LPPM melakukan adaptasi KKN menjadi dua pola yaitu KKN Kerja Sosial dan KUKERTA Tematik Serumpun Melayu (Malaysia dan Brunei Darussalam).

By Baha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *