Pusat Penelitian dan Publikasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Suthan Thaha Saifuddin Jambi kembali mengadakan Webinar Hasil Penelitian ke-31. Webinar kali ini berjudul “Tren Keberagamaan Gerakan Hijrah Kontemporer di Indonesia” dengan narasumber Windy Triana, Peneliti PPIM dan dosen di fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia juga aktif sebagai editor Jurnal Al-Iqtishad dan Ahkam, yang keduanya berfokus pada kajian hukum Islam.

Windy Triana menyampaikah bahwa, Hijrah merupakan fenomena keagamaan yang kian populer di Indonesia. Perkembangannya beriringan dengan peningkatan konservatisme Islam di dalam negeri, termasuk di dunia maya. Umumnya komunitas hijrah memiliki pemahaman keagamaan yang cenderung konservatif dalam tingkatan yang beragam, dan beberapa di antaranya menunjukkan dukungan terhadap Islamisme. Keragaman tingkatan konservatisme terlihat dari sikap yang tertutup dalam merespons isu tertentu, namun terbuka pada isu yang lain. Disatukan oleh ikatan Muslim United sebagai manifestasi dari ukhuwah Islamiyah dan one ummah, hijrah merupakan bagian dari konversi keagamaan yang bersifat intensifikasi terhadap keyakinan yang bergeser dari pengalaman atau praktik individual ke gerakan komunal. Dengan target kelompok usia milenial, komunitas hijrah mengoptimalisasi penggunaan media sosial dan penyajian pesan dengan cara serta isi yang sesuai dengan selera anak muda, seperti penggunaan budaya pop.

Webinar kali ini dimoderatori oleh Baharudin dan diikuti oleh peserta dari perguruan tinggi yang ada di berbagai daerah di Indonesia. diantaranya dari Aceh, Riau, Palembang, NTB dan Makasar. Peserta sangat antusias dengan memberikan pertanyaan dan komentar terkait penelitian tersebut

 

By Baha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *