Pemberdayaan UMKM, Mahasiswa KKN UIN Jambi Adakan Pendampingan Melalui Branding Produk dan Strategi Pemasaran

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posko 03 adakan kegiatan pendampingan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Bukit, Kec. Pelawan Kab. Sarolangun Jambi guna meningkatkan daya mutu dan daya saing, Senin (22/08/22).

Rizky Fitra Ananda mengaku bahwa beberapa UMKM di Desa Bukit mengalami beberapa kendala. Ia menyebutkan bahwa permasalahan yang dihadapi yakni pemasaran produk yang kurang optimal. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan dan adaptasi terhadap IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) di kalangan para pelaku UMKM, “Pemasaran produk di desa ini cakupannya terbilang belum meluas masih di sekitar daerah Bukit. Penyebabnya karena pemilik UMKM masih belum mengenal dan mengetahui cara pemasaran secara online,” ungkapnya.

Berangkat dari kondisi tersebut, Mahasiswa KKN UIN Jambi Posko 03 mengadakan kegiatan pendampingan dengan menyasar UMKM berupa keripik. Kegiatan pertama yakni melakukan pembuatan label kemasan. Kemasan bertujuan untuk menarik minat pembeli.

Selain itu, pelatihan digitalisasi branding, marketing, dan pembuatan platform online instagram dan shopee untuk pemasaran produk UMKM, “Melalui media sosial tersebut bisa menjangkau pembeli secara luas. Selain itu, pembeli bisa mengetahui informasi jenis, harga dan cara pemesanan produk yang dijual para pelaku UMKM di Desa Bukit,” ujarnya.

Sehingga dengan adanya kegiatan pendampingan dan pelatihan ini diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Bukit, Kec. Pelawan Kab. Sarolangun Jambi.

Ibu Asma selaku pemilik UMKM Keripik Telinga Kancil mengatakan bahwa kegiatan KKN ini membantunya untuk memahami digitalisasi pemasaran. Selain itu, dengan adanya inovasi pada label kemasan produk yang dibuat oleh mahasiswa KKN UIN Jambi, ia merasa sangat terbantu, “Dengan kehadiran mahasiswa KKN UIN Jambi, saya sangat terbantu sekali dalam mengembangkan usaha keripik. Saya berharap semoga usaha ini bisa berkembang hingga ke luar kota. Sukses selalu untuk UIN Jambi dan Mahasiswa KKN,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.