Sejarah

Jumat, 20 Maret 2020 | 11:06:36 WIB   196

Sekilas tentang Sejarah LP2M UIN STS Jambi

Lahirnya Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) tidak terlepas dari proses transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, berdiri pada 8 September 1967, bertepatan dengan 3 Jumadil Akhir 1387 H., menjadi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 9 April 2017. Embrio LP2M berawal dari aktivitas penelitian penelitian yang dilakukan oleh para dosen sebagai salah satu bentuk pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Pelaksanaan penelitian pertama kali dilakukan pada tahun 1974 dengan judul “Pola Pembinaan Rumah Ibadah di Daerah Jambi”. Untuk melaksanakan kegiatan itu dibentuklah satu tim yang diketuai oleh Ruslan Abdul Gani berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 154/D-II/IAIN-IX/1974 tanggal 15 September 1974.

Untuk meningkatkan kualitas kemampuan penelitian, IAIN STS Jambi mengirimkan para dosen untuk mengikuti berbagai program pelatihan yang diselenggarakan baik oleh Litbang Departemen Agama (sekarang Kementerian Agama) maupun instansi-instansi lainnya. Agar pelaksanaan penelitian dosen dapat terarah dan terkoordinir, pada tahun 1984 IAIN STS Jambi berinisiatif mendirikan sebuah lembaga yang mewadahi kegiatan penelitian para dosen yang diberi nama Balai Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dalam perkembangannya, pada tahun 1995, lembaga ini dibagi menjadi dua pusat yang terpisah, Pusat Penelitian (Puslit) dan Pusat Pengabdian kepada Masyararakat (PkM). Dengan adanya perkembangan dan tuntutan kebutuhan masyarakat, pada tahun 2000 IAIN STS Jambi membentuk lagi satu unit pendukung tri dharma perguruan tinggi yang bernama Pusat Studi Wanita (PSW).

Seiring dengan keinginan perubahan IAIN menjadi UIN STS Jambi, berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 23 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Agama Islam Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, ketiga pusat tersebut kemudian disatukan koordinasinya di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) yang dipimpin oleh seorang ketua lembaga. Dengan adanya perubahan kelembagaan IAIN menjadi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada tahun 2017, LP2M praktis diharapkan dapat semakin memperluas dan meningkatkan efektifitas kinerja lembaga. Fungsi utama LP2M UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi adalah menggerakkan, mengembangkan, dan mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi civitas akademika sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas, sebagai realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

LP2M UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, meskipun berada di bawah naungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, memiliki idealitas untuk merealisasikan aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mampu menjangkau lebih dari sekedar permasalahan keagamaan. Keberadaan LP2M juga diproyeksikan untuk menjangkau permasalahan sosial, budaya, pendidikan, ekonomi, hukum, politik, sains dan teknologi. Melalui berbagai kajian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, LP2M UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berusaha berperan secara signifikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. LP2M UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi siap menjadi partner dalam memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat melalui penelitian dan pengabdian yang berkualitas dan pengembangan yang visioner, fungsional dan adaptif. Hal ini akan diwujudkan melalui: (1) penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan dalam tataran normatif-doktrinal maupun historis-sosiologis; (2) fasilitasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan yang aplikatif dan fungsional bagi institusi dan pembangunan masyarakat; (3) diseminasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai media kepada masyarakat luas dan; (4) peningkatan sumber daya peneliti yang handal.

Share on:

Pengumuman

Kamis, 11 Juli 2018 | 23:52:47 WIB

PENGUMUMAN DAFTAR POSKO KKN TH.2018..


Senin, 25 Juni 2018 | 19:21:17 WIB

PENGUMUMAN PERPANJANGAN WAKTU..


Jumat, 01 Maret 2018 | 20:27:20 WIB

PENGUMUMAN PENDAFTARAN DOSEN PEMBIMBING..


Rabu, 07 Februari 2018 | 23:25:51 WIB

Workshop Peningkatan Mutu Penelitian..


Senin, 05 Februari 2018 | 16:07:47 WIB

Pendataan Artikel Jurnal Karya Dosen..


Kamis, 28 September 2017 | 22:51:46 WIB

PENGUMUMAN DIKLAT KUKERTA KEMITRAAN..


Download

Artikel Terbaru